Saturday, November 19, 2011

Mencegah dan Mengobati Radang Tenggorokan

Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung di Si Sarap saya yang sederhana ini. Semoga memberikan manfaat meski tidak sebesar yang Anda harapakan.
Cara Mencegah dan Mengobati Radang Tenggorokan - Radang tenggorokan adalah penyakit yang biasa kita jumpai di masyarakat. Apakah sobat pernah menderita radang tenggorokan? Sebagian besar pasti ya. Karena itu, Si Sarap akan berbagi cara mencegah dan mengobati radang tenggorokan.

Sebenarnya cara mencegah dan mengobati radang tenggorokan tidaklah terlalu sulit. Banyak cara mencegah dan mengobati radang tenggorokan. Langsung cekidot dibawah aja gan...

Cara mengobati radang tenggorokan
1.Banyak minum air putih hangat
2.Berkumur dengan air garam hangat
3.Banyak makan buah-buahan
4.Istirahat yang cukup
5.Hindari minuman, seperti jus jeruk atau minuman/makanan lainnya yang bersifat asam yang dapat mengiritasi tenggorokan anda
6.Hindari rokok/asap rokok/ minuman beralkohol
7.Hindari konsumsi makanan yang berminyak/berlemak
8.Pengobatan dengan antibiotika hanya efektif apabila anda terinfeksi oleh bakteri. Antibiotik yang digunakan contohnya amoxicillin, tetapi jika anda alergi terhadap amoxicillin, dapat digunakan antibiotik lain. Biasanya dokter meresepkan antibiotik untuk 5 hari. Habiskan antibiotik, walaupun setelah 4 hari anda merasa baikan, hal ini untuk mencegah terjadinya resistensi dari bakteri.
9.Jika penyebabnya virus, maka tidak dapat diobati dengan antibiotik. Anda hanya akan diberi obat yang bersifat menghilangkan gejala, seperti menurunkan demam dan menghilangkan rasa sakit dengan menggunakan antipiretik (penurun demam) atau analgesic (penghilang rasa nyeri).

Cara mencegah radang tenggorokan
1. Untuk menghindari penyebaran penyakit ini di lingkungan keluarga anda, pastikan anggota keluarga anda yang sedang sakit radang tenggorokan menggunakan peralatan makan dan minumnya sendiri, (jangan menggunakan bareng anggota keluarga yang lain), pastikan juga handuk, lap terpisah dari anggota keluarga yang lain.
2. Biasakan ketika bersin/batuk untuk menutup mulut.

Semoga cara mencegah dan mengobati radang tenggorokan diatas bermanfaat bagi sobat. Let's make Indonesia Healthy!

0 comments:

Post a Comment