Saturday, November 19, 2011

Tips Memilih Kacamata Sepeda

Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung di Si Sarap saya yang sederhana ini. Semoga memberikan manfaat meski tidak sebesar yang Anda harapakan.
Tips Memilih Kacamata Sepeda - Kacamata bukan sekedar aksesoris. Alat pelindung yang didesain untuk pesepeda itu tidak hanya berfungsi untuk melindungi mata dari cahaya berlebih. Tetapi juga mengamankan dari benturan sekaligus membuat pengihatan lebih jernih untuk mengidentifikasi rintangan dan menjaga jarak pandang aman berkendara. Si Sarap juga biasanya bersepeda ke daerah Bendungan Wonorejo setiap minggu pagi, atau yang lebih dikenal dengan Tour de Wonorejo (walaupun jaraknya hanya 15km ^_^). Berdasarkan segi kegunaan, kacamata sepeda dibagi menjadi tiga. Yaitu, Kacamata Road Bike, Kacamata Time Trial, Kacamata Downhill.

Tips Memilih Kacamata Sepeda

1. Kacamata Road Bike
Kacamata Sepeda Road Bike
Bahan yang digunakan untuk kacamata Road Bike adalah plastik. Ada juga yang berbahan karbon. Bentuk dan desainnya tidak jauh berbeda dari kacamata kebanyakan, namun dilengkapi fitur kaca anti berkabut. Selain itu, biasanya kacamata Road Bike dilengkapi perlindungan seratus persen dari ultraviolet. Kacamata yang bagus menyediakan sisi karet pada bagian yang menempel ke pangkal hidung sehingga tidak gampang terlepas ketika terjadi guncangan.

2. Kacamata Time Trial
Kacamata Sepeda Time Trial
Jenis kacamata Time Trial biasanya terinegrasi dengan helm aerodinamis pada kepala rider. Bahannya adalah fiber glass atau karbon yang tipis dan sangat ringan. Desainnya biasanya mirip pelindung pada helm sepeda motor, yakni menutup hampir separo wajah. Kacamata Time Trial juga dilengkapi fitur "photocromic" agar dapat menyesuaikan keredupan cahaya yang masuk ke retina untuk kenyamanan.

3. Kacamata Downhill
Kacamata Sepeda Downhill
Desain kacamata Downhill mirip kacamata pada olahraga ski dan motorcross. Frame tebal melindungi seluruh penampang mata dan tulang pelipis. Selain itu dilengkapi tali berbahan karet yang bnisa disetel agar permukaannya menempel sempurna pada wajah. Pada seri yang bagus, kacamata downhill biasanya dilengkapi lubang ventilasi khusus dan memilii fitur lensa "hydrophobic/olephobic" sehingga tahan terhadap keringat, debu, air, dan minyak.

Tips Memilih Kacamata Sepeda
Ketika membeli kacamata sepeda, sebaiknya sobat juga membawa serta helm karena kacamata yang baik adalah kacamata yang nyaman digunakan ketika mengenakan helm.

0 comments:

Post a Comment